Kamis, 29 November 2012

Gitar Ikonik Jimi Hendrix Laku Rp3,5 Miliar

0 komentar
[imagetag]


Quote:
Bekas gitar yang telah dibakar Jimi Hendrix masuk rumah lelang. Tak tanggung-tanggung, nilai sejarah yang kental di dalamnya membuat gitar yang tak bisa terpakai lagi ini diperkirakan akan terjual hingga miliaran rupiah.

Seperti dikutip dari The Sun (28/11/2012), gitar ini bernasib tak beruntung dari gitar lain. Alih-alih dipelihara dan dirawat dengan baik, gitar ini pernah dibakar Jimi dalam sebuah aksi panggung di salah satu konsernya.

Tak berakhir di kotak sampah, gitar ini kemudian dicari banyak orang, dan menjadi salah satu memorabilia Jimi Hendrix paling di cari dan tentu saja sangat langka. Diperkirakan dalam sebuah balai lelang, gitar ini terjual seharga £250.000 atau sekitar Rp3,5 miliar.

Gitar ini sendiri berjenis Fender Stratocaster berwarna hitam. Dalam konsernya di Festival Internasional Monterey Pop pada tahun 1967, Jimi melakukan ritual ikonik yang mungkin akan dikenang oleh siapa saja, terutama oleh para fansnya. Yakni dengan membakar gitar pada saat konser berlangsung.

Dengan berlutut dan menuangkan cairan korek api, instrumen ini kemudian dibakar. Salah seorang fotografer sempat mengabadikan aksi Jimi, gambar ini kemudian menjadi sangat populer dan bersejarah yang melekat pada perjalanan karier Jimi Hendrix. Meski telah dibakar, kecintaan akan gitar ini membuat Jimi tak rela membuang gitar ini.

Gitar itu kemudian diberikan kepada seorang manajer perusahaan rekaman, Anim Limited, James "Tappy" Wright. Wright (69), dari Newcastle, pada akhirnya menjual gitar ini setelah memutuskan pensiun dan tinggal di Florida.

Ted Owen, dari biro lelang yang menjual gitar, mengatakan: "Saya senang dengan harga akhir. Ini adalah gitar yang sangat penting dan kami memiliki empat orang penawar serius yang mendorong harga melambung," jelasnya.

Owen menambahkan, dalam kariernya, Hendrix hanya membakar dua gitar. Satu di Astoria dan satu di Monterey. â??Dia menggunakan Fender hitam untuk tiga perempat dari konser dan dia bertukar pada menit terakhir,â?? jelasnya.

Hendrix meninggal di London pada tahun 1970 pada usia 27. Kematian legenda gitaris ini dikarenakan overdosis narkoba.



SUMBER


namanya juga barang milik legenda walo sudah jadi arang tetap mahal

Leave a Reply