Senin, 19 November 2012

Astaga! 48 Juta Penduduk Indonesia Masih Buang Air Besar Sembarangan

0 komentar
Jakarta - Kesadaran memiliki sanitasi yang bersih di Indonesia masih rendah. Setidaknya hingga tahun 2012, ada sekitar 20% dari penduduk Indonesia tidak memiliki sanitasi yang baik seperti toilet.

Direktur Permukiman dan Perumahan Bappenas, Nugroho Tri Utomo mengatakan, setidaknya ada 48 juta penduduk Indonesia yang melakukan buang air besar sembarangan seperti di sungai dan tanah kosong sehingga mencemari air tanah dan sungai karena tidak memiliki toilet yang memiliki jamban atau tempat penampungan limbah rumah tangga.

"Saat masih ada 20% penduduk Indonesia praktik buang air besar (BAB) atau 48 juta penduduk yang belum melakukan praktik BAB di toilet. Tinja yang tidak tertampung 14 ribu ton sama dengan 6700 gajah Sumatera terbuat dari tinja, akibatnya kotoran akan mencemari air tanah," tutur Nugroho pada acara World Toilet Day di Senayan City, Jakarta, Senin (19/11/2012).

Tambah Nugroho, akibat penduduk yang tidak memiliki toilet atau tidak memiliki jamban, menurutnya telah bedambak terhadap pencemaran sumber air minum baku di kota-kota besar Indonesia.

"Delapan puluh lima persen pencemaran buangan domestik dari tinja. Tidak ada sungai yang melintasi perkotaan yang didunakan air minum baku tidak tercemar, banyak pdam menggunakan sumber air minum yang tidak layak," tambahnya.

Tutur Nugroho, umumnya pencemaran limbah domestik dari tinja terjadi di kota-kota besar dengan penduduk yang padat termasuk Jakarta. Solusinya, pemerintah pusat dan daerah dari tahun ke tahun, secara serius mengalokasikan anggaran dan program untuk perbaikan sanitasi dan air minum baku.

"Konkretnya, harus bisa diperbaiki, mengani sanitasi, air baku," pungkasnya.

http://finance.detik..com/read/2012/...991101mainnews

[imagetag] jadi ingat ke trenggaalek mau BAB malam hari tanya sama tuan rumah tempatnya mana malah di kasih pacul

[imagetag]

[imagetag]

[imagetag]

Leave a Reply